adsense

Sabtu, 16 Agustus 2014

USU Universitas Terbaik di Sumatera dan Tertua di Luar Pulau Jawa

LOGO USU
PROFIL

USU via DR. MANSYUR
Program Studi

USU memiliki 14 fakultas / sekolah yaitu Kedokteran, Hukum, Pertanian, Teknik, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, Keperawatan, dan Sekolah Pascasarjana. Total jumlah program studi adalah 135, terdiri dari 19 program gelar doktor, 32 program gelar master ', 18 pendidikan spesialis, 5 pendidikan profesional, 46 sarjana, dan 15 diploma derajat. Jumlah mahasiswa saat ini terdaftar lebih dari 33.000 orang, 1.000 di antaranya adalah mahasiswa asing.

Sekilas Tentang USU

Sejak awal pendiriannya, USU siap untuk menjadi pusat pendidikan tinggi di bagian barat Indonesia. Ketika pertama kali didirikan pada tahun 1952, USU berada dalam bentuk yayasan, kemudian diubah menjadi status universitas negeri pada tahun 1957, dan kemudian berubah menjadi PT BHMN-tahun 2003.

Selain fakultas dan sekolah, kampus juga memiliki berbagai fasilitas seperti asrama, pusat olahraga, rumah tamu, kafetaria, toko, bank, dan kantor pos. Wisuda dan acara akademik lainnya diadakan di Auditorium dan bangunan Student Center. Sebuah rumah sakit pendidikan kampus yang terletak di Padang Bulan telah dibangun sejak Agustus 2009.

Studi Kesehatan program seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi saat ini sangat menarik bagi mahasiswa asing, terutama yang berasal dari Malaysia. Program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Pertanian menjadi program terkemuka dari berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Program studi Etnomusikologi secara khusus mempelajari berbagai musik etnik dan pertunjukan di Sumatera. Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah terlibat secara intensif dalam pengembangan pengaturan hukum dan administrasi. Sebuah produk pemurnian air - Ferro Filter - penemuan dosen dari Fakultas Teknik sedang dalam proses mendapatkan hak paten, dan telah banyak digunakan di berbagai daerah Sumatera.

Manajemen sistem jaminan kualitas dan pengembangan, yang didukung dengan komitmen yang tinggi dari manajer lini, terus dilakukan dan menjadi agenda utama dalam upaya menghasilkan kualitas terbaik lulusan USU.

Sejarah

Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) dimulai dengan berdirinya Universitas Sumatera Utara Yayasan pada tanggal 4 Juni 1952 Yayasan ini awalnya didirikan oleh Gubernur Sumatera Utara untuk memenuhi permintaan dari masyarakat Sumatera Utara khususnya dan Indonesia orang-orang pada umumnya.

Selama penjajahan Jepang, beberapa orang terkemuka di Medan termasuk Dr Pirngadi dan Dr T. Mansoer menyusun rencana untuk pembentukan School of Medicine. Setelah Hari Kemerdekaan, pemerintah menunjuk Dr Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia. Begitu kedaulatan itu kembali karena bentrokan pada tahun 1947, Gubernur Abdul Hakim adalah orang pertama yang memanggil Masyarakat Sumatera Utara untuk kegiatan penggalangan dana dalam upaya untuk mendirikan sebuah universitas di daerah ini.

Pada 31 Desember 1951, sebuah komite persiapan untuk pembentukan universitas didirikan dan diketuai oleh Dr Soemarsono yang anggotanya termasuk Dr Ahmad Sofian, Ir. Danunagoro dan Sekretaris Mr Djaidin Purba.

Sebagai hasil dari kerja kolaboratif, mental dan dukungan material dari masyarakat Sumatera Utara seluruh yang juga termasuk Daerah Istimewa Aceh, pada tanggal 20 Agustus 1952, Fakultas Kedokteran adalah berhasil didirikan di Seram Street dengan jumlah awal 27 siswa, dua di antaranya adalah perempuan.

Beberapa fakultas lain diikuti: Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Pelatihan Guru dan Pendidikan (1956), dan Fakultas Pertanian (1956).

Pada tanggal 20 November 1957, USU diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Dr Ir. Soekarno, sebagai universitas negeri ke-7 di Indonesia.

Pada tahun 1959, Fakultas Teknik di Medan dan Fakultas Ekonomi di Kutaraja (Banda Aceh) didirikan dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia diikuti dengan pembentukan Fakultas Kedokteran Hewan Kesehatan Hewan dan Peternakan di Banda Aceh. Pada saat itu, USU terdiri dari lima fakultas di Medan dan dua fakultas di Banda Aceh.

Dalam tahun-tahun berikutnya, fakultas lain muncul: Fakultas Kedokteran Gigi (1961), Fakultas Sastra (1965), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (1965), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1982), Sekolah Pascasarjana (1992), Fakultas Kesehatan Masyarakat (1993), Fakultas Farmasi (2006), Fakultas Psikologi (2007), dan Fakultas Ilmu Keperawatan (2009).

Pada tahun 2003, USU berubah status dari Universitas Masyarakat (PTN) menjadi Badan Usaha Milik Negara Universitas (BHMN). Perubahan status ditempatkan USU dalam kelima setelah UI, UGM, ITB dan IPB yang berubah menjadi BHMN pada tahun 2000.

Dalam perkembangannya, beberapa fakultas di USU telah melahirkan tiga universitas baru, yaitu Universitas Syah Kuala di Banda Aceh, memiliki asal-usulnya dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran Hewan Kesehatan dan Peternakan di Banda Aceh. Kemudian Institut Keguruan dan Pendidikan / IKIP (1964), saat ini disebut Universitas Negeri Medan (UNIMED), karena keberadaannya ke USU Fakultas Keguruan dan Pendidikan. Setelah itu, Politeknik Negeri Medan, sebelumnya USU Politeknik, didirikan pada tahun 1999.

Kampus USU berlokasi di Padang Bulan, daerah hijau dan teduh dari 120 ha di pusat kota Medan. Zona akademik meliputi wilayah 90 ha melayani hampir semua siswa belajar dan kegiatan praktek. Sistem pembelajaran didukung oleh fasilitas perpustakaan dan lebih dari 200 laboratorium. Perpustakaan menyediakan berbagai sumber daya akademik baik dalam bentuk cetak dan elektronik. USU Library adalah salah satu yang terbaik di Indonesia saat ini. The Padang Bulan Kampus juga didukung oleh infrastruktur teknologi informasi yang memberikan akses ke berbagai sumber daya informasi untuk memfasilitasi pembelajaran dan penelitian proses dari mahasiswa dan dosen.

Ringkasan Program Studi
Program Studi
Diploma
Sarjana
Profesi
Spesialis
Magister
Doktor
1. FAKULTAS KEDOKTERAN
Pendidikan Dokter




Biomedik





Ilmu Kedokteran Tropis





Ilmu Kedokteran




Ilmu Anastesi





Ilmu Bedah





Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan





Ilmu Kehakiman Kedokteran





Ilmu Kesehatan Anak





Ilmu Patologi Anatomi





Ilmu Patologi Klinik





Ilmu Pencintraan (Radiologi)





Ilmu Penyakit Dalam





Ilmu Penyakit Jiwa





Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin





Ilmu Penyakit Mata





Ilmu Penyakit Paru





Ilmu Penyakit Syaraf





Ilmu Penyakit T.H.T.





2. FAKULTAS HUKUM
Ilmu Hukum



Kenotariatan





3. FAKULTAS PERTANIAN
Agribisnis




Agroekoteknologi




Ilmu Peternakan



 

Ilmu dan Teknologi Pangan





Kehutanan





Manajemen Sumberdaya Perairan





Ilmu Pertanian





4. FAKULTAS TEKNIK
Arsitektur




Teknik Elektro




Teknik Industri



 
Teknik Kimia




Teknik Mesin



 
Teknik Sipil



 
5. FAKULTAS EKONOMI
Akuntansi

 
Ekonomi Pembangunan



 
Manajemen



 
Keuangan





Kesekretariatan





6. FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
Pendidikan Dokter Gigi




Ilmu Kedokteran Gigi




Ortodontik





7. FAKULTAS SASTRA
Sastra Arab





Sastra Batak





Sastra Indonesia





Sastra Inggris




Sastra Jepang




Sastra Melayu





Etnomusikologi





Ilmu Perpustakaan dan Informasi




Ilmu Sejarah





Pariwisata





Sastra Cina





Penciptaan dan Pengkajian Seni





Linguistik




8. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Biologi



 
Fisika



 
Fisika Instrumentasi





Kimia
 


Matematika



 
Statistik





Teknik Informatika



 

Sistem Informasi





Metrologi





9. ILMU-ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Antropologi Sosial





Ilmu Administrasi Negara





Ilmu Kesejahteraan Sosial





Ilmu Komunikasi





Ilmu Politik





Ilmu Administrasi Niaga





Sosiologi

 




Perpajakan
 





Studi Pembangunan





10. FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
Ilmu Kesehatan Masyarakat

 


 
11. FAKULTAS PSIKOLOGI
 Psikologi




12. FAKULTAS FARMASI
Ilmu Farmasi

 

Analis Farmasi





13. FAKULTAS KEPERAWATAN
Pendidikan Keperawatan
 




Profesi NERS





Bidan Pendidik





14. SEKOLAH PASCASARJANA
Magister Manajemen





Pengembangan Wilayah




Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan






Peta USU
Alamat USU :
Jl.Dr Mansyur No.9, Medan 20155, Telp. (061) 8210122


Sumber : usu.ac.id



1 komentar:

  1. Fyi. Universitas tertua di sumatera adalah unand. Cikal bakal unand sdh ada sejak 1948 dan resmi tahun 1955. Kalau soal terbaik no comment lah

    BalasHapus